LATIHAN SOAL PAS GANJIL SEJARAH KELAS X
1.
Berikut yang merupakan tahapan penelitian sejarah
adalah ….
A.
Heuristic, historiografi, verifikasi dan interpretasi
B.
Heuristic, interpretasi, verifikasi, dan historiografi
C.
Verifikasi, historiografi, interpretasi, dan heuristic
D. Heuristic, verifikasi, interpretasi, dan historiografi
E.
Interpretasi, historiogrsfi, verifikasi dan heuristik
2.
Secara etimologis sejarah berasal dari kata syajaratun yang berasal dari Bahasa arab
yang berarti ….
A.
Pohon
B.
Dahan
C.
Ranting
D.
Akar
E. Cabang
3.
Perhatikan pernyataan berikut !
1. Dapat mengetahui tingkat teknologi suatu masyarakat dari benda artefak
yang di temukan
2. Mengetahui peralatan/benda yang ada pada suatu masyarakat
3. Dapat mengetahui perkiraan zaman dengan melihat benda artefak tersebut
4. Dapat dijadikan akar sumber dari peristiwa sejarah
5. Menjadikan sumber sejarah lebih mudah untuk di analisis
Kelebihan akan sumber sejarah artefak dapat ditunjukan pada nomor ….
A.
1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
4.
Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang
bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut ….
A. Periodisasi
B. Interpretasi
C. Heuristic
D. Historiografi
E. Verifikasi
5.
Kepercayaan masyarakat pra-aksara bersifat animisme
adalah percaya terhadap …
A. Roh nenek moyang
B. Alam semesta
C. Benda-benda gaib
D. Tumbuhan
E. Binatang buas
6.
Orang yang pernah melihat atau menyaksikan suatu
peristiwa, tapi bukan pelaku, disebut….
A. Pelaku
B.
Saksi
C. Masalah
D. Sejarawan
E. Sumber
7.
Sejarah sebagai ilmu yang memiliki ciri bersifat
empiris yang berarti ….
A. Objek
B. Sejarah
C. Peristiwa
D. Pengalaman
E. Imajinasi
8.
Ika berkunjung ke perpustakaan daerah, ia sedang
mengumpulkam sumber-sumber sejarah tentang seputar peralihan kekuasaan dari
pemerintah orde baru ke pemerintah reformasi. Kegiatan Ika tersebut dalam tahap
penelitian sejarah yang disebut….
A. Heuristic
B. Ekskavasi
C. Interpretasi
D. Historiografi
E. Verifikasi
9.
Adapun sejarawan yang mengatakan bahwa sejarah tidak berkembang
lurus kearah masa depan, tetapi bergerak seperti garis yang melingkar adalah ….
A. Ibnu Khaldun
B. R. Mohammad Ali
C. Muhammad Yamin
D. Herodotus
E. Aristoteles
10. Hal yang dinilai dalam kritik internal adalah ….
A. Memastikan sumber itu benar-benar sumber yang diperlukan
B. Memperlihatkan sumber itu asli, turunan, atau palsu
C. Keakuratan sumber
D.
Kredibilitas data dalam sumber
E. Autensitas dan intergritas dari sumber
11. Informasi yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap saksi sejarah
merupakan sumber sejarah
A. Benda
B.
Lisan
C. Tertulis
D. Situs purbakala
E. Museum
12. Suatu peristiwa yang terfokus pada waktu kejadian dari awal hingga akhir
atau gejala-gejala yang memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang
adalah pengertian dari ….
A. Periodisasi
B. Kronologis
C. Diakronis
D. Sinkronis
E. Pedagogik
13. Penafsiran terhadap sumber-sumber peristiwa sejarah disebut ….
A. Heuristic
B. Kritik
C.
Interpretasi
D. Historiografi
E.
Verifikasi
14. Seorang guru sejarah yang sedang menjelaskan peristiwa mempertahankan
kemerdekaan RI setelah proklamasi kemerdekaan di kelas bisa di golongkan dalam
proses sejarah sebagai …
A. Ilmu
B. Peristiwa
C. Seni
D. Kisah
E. Cermin
15. Seorang guru yang sedang menjelaskan peristiwa Revolusi Hijau bisa
digolongkan dalam proses sejarah sebagai ….
A. Ilmu
B. Seni
C. Cermin
D. Peristiwa
E. Kisah
16. Pernyataan berikut yang paling tepat sebagai contoh sejarah sebagai
edukatif adalah ….
A. Kisah sejarah membangkitkan semangat patriotisme dalam aspek edukatif
B.
Kisah sejarah membuat seseorang
bijaksana menghadapi masa depan
C. Kisah sejarah memberikan suatu hiburan kepada para pembacanya
D. Kisah sejarah mendorong seseorang untuk cinta terhadap tanah air
E. Kisah sejarah dapat mendorong seseorang lebih kreatif
17. Menurut Galtung, diakronis berasal dari Bahasa
A. Arab
B. Prancis
C. Yunani
D. Jerman
E. Eropa
18. Kronologis berasal dari kata “khronos” yang artinya ….
A. Melintasi
B. Melewati
C. Perjalanan waktu
D. Memanjang
E. Pengulangan
19. Sejarah dapat dipandang sebagai karya seni yang berarti ….
A. Mirip sekali dengan dongeng
B. Tidak berbeda dengan cerita fiksi
C. Merupakan karya seniman
D. Pengisahan sejarah bukan hal yang fiktif
E. Penyimpulan dan penulisan suatu peristiwa sejarah erat
dengan kaidah dan keindahan bahasa
20. Cerita tentang kehidupan, yaitu yang menjadikan manusia sebagai
objeknya, disebut ….
A. Geologi
B. Biologi
C. Sosiologi
D. Antropologi
E. Biografi
21. Peristiwa sejarah dapat mingilhami jiwa ke pahlawanan seseorang.
Pernyataan tersebut yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi ….
A. Edukatif
B. Rekreatif
C. Instruktif
D. Inspiratif
E. Pedagogik
22. Studi dioakronis bersifat ….
A. Vertikal
B. Horizontal
C. Maju
D. Kritis
E. Emosi
23. Sejarawan yang membagi konsep dalam sejarah yang meliputi perkembangan,
keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan, dan perubahan adalah ….
A. Kuntowijoyo
B. Sartono Kartodirjo
C. Rushdy Hoesein
D. Bambang Purwanto
E. M. Iskandar
24. Sebelum melakukan penelitian, seorang sejarawan harus menetapkan ….
A. Topik penelitian
B. Biaya yang dikeluarkan
C. Waktu yang dibutuhkan
D. Tujuan penelitian
E.
Manfaat penelitian
25. Pembabakan sejarah berdasarkan urutan waktu di sebut ….
A. Kronologi Sejarah
B. Periodisasi Sejarah
C. Historisasi Sejarah
D. Pembabakan Sejarah
E. Hour of history
26. Merangkaikan fakta berikut maknanya secara kronologis/diakronis dan
sistematis, menjadi sebuah tulisan sejarah sebagai kisah, disebut….
A.
Historiografi
B. Heuristic
C. Implementasi penelitian
D. Kritik sumber
E. Interpretasi
27. Berikut konsep penting dalam ilmu sejarah, adalah
A. Kejadian
B. Waktu
C. Perubahan
D. Kebudayaan
E. Tradisi
28. Zaman dimana manusia belum mengenal tulisan adalah zaman
A. Aksara
B. modern
C. Praaksara
D. Hinduisme
E. Kuno
29. Berdasar dimensi waktu, suatu peristiwa merupakan sebuah ….
A. Makna
B. Proses
C. Kejadian
D. Organisme
E. Satu kesatuan
30. Jawaban sementara dalam memecahkan masalah dalam metode penelitian
dinamakan ….
A. Generalisasi
B. Orientasi
C.
Hipotesa
D. Intuisi
E.
Gagasan
31. Filsuf Romawi yang menyatakan bahwa “Historia magistra vitae” atau
sejarah adalah guru kehidupan adalah ….
A.
Aristoteles
B.
Hipocrates
C.
Thales
D.
Heredotus
E.
Cicero
32. Sumber informasi dikelompokan sebagai skunder apabila diperoleh melalui
….
A. Perbandingan tentang hal-hal yang telah lalu
B. Peninggalan benda-benda kebudayaan
C. Rekaman kaset audio dan rekaman kaset video
D.
Perantara yang tidak terkait langsung
dengan peristiwa sejarah
E. Informasi yang disampaikan oleh pihak yang terdekat dengan peristiwa
yang di kaji
33. Sejarah memiliki sifat unik karena pada hakikatnya suatu peristiwa
sejarah tidak dapat terulang atau terjadi lagi sama persis. Dengan demikian,
sejarah memiliki proses sebagai ….
A. Pelajaran
B. Peristiwa
C. Kisah
D. Seni
E. Ilmu
34. Sumber yang menunjukan kesaksian langsung pada saat peristiwa sejarah
itu terjadi disebut ….
A. Sumber Sekunder
B.
Sumber primer
C. Sumber lisan
D. Sumber tertulis
E. Sumber benda
35. Studi sinkronis bersifat ….
A. Vertikal
B. Horizontal
C. Tetap
D. Konsep
E. Ilmu
36. Perbedaan utama antara zaman praaksara dengan zaman aksara terletak pada
…
A. Masalah tulisan
B. Masalah pemerintahan
C. Masalah kebudayaan
D. Masalah perekonomian
E. Masalah teknologi
37. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan
dari beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan. Definisi tersebut dikemukakan
oleh ….
A. Ibnu Khaldun
B. R. Mohammad Ali
C. Muhammad Yamin
D. Herodotus
E. Aristoteles
38. Prasasti yupa merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman
….
A. Paleolitikum
B.
Megalitikum
C. Mesolitikum
D. Neolitikum
E.
Mesozoikum
39. cara masyarakat praaksara untuk merekam dan mewariskan masa lalunya
adalah ….
A.
Melalui ingatan kolektif dalam bentuk
tradisi lisan
B. Membangun prasasti
C. Membangun tempat-tempat pemujaan
D. Membuat lukisan-lukisan di dinding gua
E. Melalui upacara-upacara ritual
40. Suatu peristiwa sejarah tidak akan terjadi tanpa ada yang
menggerakannya, penggerak sejarah adalah
A. Kekuatan alam
B. kekuatan duniawi
C. Hokum alam
D. Lingkungan
E. Manusia
- D
- A
- A
- E
- A
- B
- D
- A
- D
- D
- B
- C
- C
- D
- E
- B
- C
- C
- E
- E
- D
- A
- A
- A
- B
- A
- B
- C
- B
- C
- E
- D
- B
- B
- B
- A
- C
- B
- A
- E