LATIHAN SOAL PAS GANJIL SEJARAH KELAS X

SOAL PAS GANJIL KELAS X SEJARAH INDONESIA


1.        Berikut yang merupakan tahapan penelitian sejarah adalah ….

A.    Heuristic, historiografi, verifikasi dan interpretasi

B.     Heuristic, interpretasi, verifikasi, dan historiografi

C.     Verifikasi, historiografi, interpretasi, dan heuristic

D.    Heuristic, verifikasi, interpretasi, dan historiografi

E.     Interpretasi, historiogrsfi, verifikasi dan heuristik

2.        Secara etimologis sejarah berasal dari kata syajaratun yang berasal dari Bahasa arab yang berarti ….

A.    Pohon                        

B.     Dahan

C.     Ranting                     

D.    Akar

E.     Cabang

3.        Perhatikan pernyataan berikut !

1.      Dapat mengetahui tingkat teknologi suatu masyarakat dari benda artefak yang di temukan

2.      Mengetahui peralatan/benda yang ada pada suatu masyarakat

3.      Dapat mengetahui perkiraan zaman dengan melihat benda artefak tersebut

4.      Dapat dijadikan akar sumber dari peristiwa sejarah

5.      Menjadikan sumber sejarah lebih mudah untuk di analisis

 

Kelebihan akan sumber sejarah artefak dapat ditunjukan pada nomor ….

A.    1, 2 dan 3

B.     1, 3 dan 4

C.     2, 3 dan 4

D.    2, 4 dan 5

E.     3, 4 dan 5

4.        Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut ….

A.    Periodisasi

B.     Interpretasi

C.     Heuristic

D.    Historiografi

E.     Verifikasi

5.        Kepercayaan masyarakat pra-aksara bersifat animisme adalah percaya terhadap …

A.    Roh nenek moyang   

B.     Alam semesta

C.     Benda-benda gaib     

D.    Tumbuhan

E.     Binatang buas

6.        Orang yang pernah melihat atau menyaksikan suatu peristiwa, tapi bukan pelaku, disebut….

A.    Pelaku

B.     Saksi

C.     Masalah

D.    Sejarawan

E.     Sumber

7.        Sejarah sebagai ilmu yang memiliki ciri bersifat empiris yang berarti ….

A.    Objek

B.     Sejarah

C.     Peristiwa

D.    Pengalaman

E.     Imajinasi

8.        Ika berkunjung ke perpustakaan daerah, ia sedang mengumpulkam sumber-sumber sejarah tentang seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah orde baru ke pemerintah reformasi. Kegiatan Ika tersebut dalam tahap penelitian sejarah yang disebut….

A.  Heuristic

B.  Ekskavasi

C.  Interpretasi

D.  Historiografi

E.   Verifikasi

9.        Adapun sejarawan yang mengatakan bahwa sejarah tidak berkembang lurus kearah masa depan, tetapi bergerak seperti garis yang melingkar adalah ….

A.    Ibnu Khaldun

B.     R. Mohammad Ali

C.     Muhammad Yamin

D.    Herodotus

E.     Aristoteles

10.     Hal yang dinilai dalam kritik internal adalah ….

A.    Memastikan sumber itu benar-benar sumber yang diperlukan

B.     Memperlihatkan sumber itu asli, turunan, atau palsu

C.     Keakuratan sumber

D.    Kredibilitas data dalam sumber

E.     Autensitas dan intergritas dari sumber

11.     Informasi yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap saksi sejarah merupakan sumber sejarah

A.    Benda

B.     Lisan

C.     Tertulis

D.    Situs purbakala

E.     Museum

12.     Suatu peristiwa yang terfokus pada waktu kejadian dari awal hingga akhir atau gejala-gejala yang memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang adalah pengertian dari ….

A.    Periodisasi

B.     Kronologis

C.     Diakronis

D.    Sinkronis

E.     Pedagogik

13.     Penafsiran terhadap sumber-sumber peristiwa sejarah disebut ….

A.       Heuristic

B.       Kritik

C.       Interpretasi

D.       Historiografi

E.        Verifikasi

14.     Seorang guru sejarah yang sedang menjelaskan peristiwa mempertahankan kemerdekaan RI setelah proklamasi kemerdekaan di kelas bisa di golongkan dalam proses sejarah sebagai …

A.    Ilmu

B.     Peristiwa

C.     Seni

D.    Kisah

E.     Cermin

15.     Seorang guru yang sedang menjelaskan peristiwa Revolusi Hijau bisa digolongkan dalam proses sejarah sebagai ….

A.    Ilmu

B.     Seni

C.     Cermin

D.    Peristiwa

E.     Kisah

16.     Pernyataan berikut yang paling tepat sebagai contoh sejarah sebagai edukatif adalah ….

A.    Kisah sejarah membangkitkan semangat patriotisme dalam aspek edukatif

B.     Kisah sejarah membuat seseorang bijaksana menghadapi masa depan

C.     Kisah sejarah memberikan suatu hiburan kepada para pembacanya

D.    Kisah sejarah mendorong seseorang untuk cinta terhadap tanah air

E.     Kisah sejarah dapat mendorong seseorang lebih kreatif

17.     Menurut Galtung, diakronis berasal dari Bahasa

A.    Arab

B.     Prancis

C.     Yunani

D.    Jerman

E.     Eropa

18.     Kronologis berasal dari kata “khronos” yang artinya ….

A.    Melintasi

B.     Melewati

C.     Perjalanan waktu

D.    Memanjang

E.     Pengulangan

19.     Sejarah dapat dipandang sebagai karya seni yang berarti ….

A.    Mirip sekali dengan dongeng

B.     Tidak berbeda dengan cerita fiksi

C.     Merupakan karya seniman

D.    Pengisahan sejarah bukan hal yang fiktif

E.     Penyimpulan dan penulisan suatu peristiwa sejarah erat dengan kaidah dan keindahan bahasa

20.     Cerita tentang kehidupan, yaitu yang menjadikan manusia sebagai objeknya, disebut ….

A.    Geologi

B.     Biologi

C.     Sosiologi

D.    Antropologi

E.     Biografi

21.     Peristiwa sejarah dapat mingilhami jiwa ke pahlawanan seseorang. Pernyataan tersebut yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi ….

A.    Edukatif

B.     Rekreatif

C.     Instruktif

D.    Inspiratif

E.     Pedagogik

22.     Studi dioakronis bersifat ….

A.    Vertikal

B.     Horizontal

C.     Maju

D.    Kritis

E.     Emosi

23.     Sejarawan yang membagi konsep dalam sejarah yang meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan, dan perubahan adalah ….

A.    Kuntowijoyo

B.     Sartono Kartodirjo

C.     Rushdy Hoesein

D.    Bambang Purwanto

E.     M. Iskandar

24.     Sebelum melakukan penelitian, seorang sejarawan harus menetapkan ….

A.       Topik penelitian

B.       Biaya yang dikeluarkan

C.       Waktu yang dibutuhkan

D.       Tujuan penelitian

E.        Manfaat penelitian

25.     Pembabakan sejarah berdasarkan urutan waktu di sebut ….

A.    Kronologi Sejarah

B.     Periodisasi Sejarah

C.     Historisasi Sejarah

D.    Pembabakan Sejarah

E.     Hour of history

26.     Merangkaikan fakta berikut maknanya secara kronologis/diakronis dan sistematis, menjadi sebuah tulisan sejarah sebagai kisah, disebut….

A.    Historiografi

B.     Heuristic

C.     Implementasi penelitian

D.    Kritik sumber

E.     Interpretasi

27.     Berikut konsep penting dalam ilmu sejarah, adalah

A.    Kejadian

B.     Waktu

C.     Perubahan

D.    Kebudayaan

E.     Tradisi

28.    Zaman dimana manusia belum mengenal tulisan adalah zaman

A.    Aksara                                   

B.     modern

C.     Praaksara                   

D.    Hinduisme

E.     Kuno

29.     Berdasar dimensi waktu, suatu peristiwa merupakan sebuah ….

A.    Makna

B.     Proses

C.     Kejadian

D.    Organisme

E.     Satu kesatuan

30.     Jawaban sementara dalam memecahkan masalah dalam metode penelitian dinamakan ….

A.       Generalisasi

B.       Orientasi

C.       Hipotesa

D.       Intuisi

E.        Gagasan

31.     Filsuf Romawi yang menyatakan bahwa “Historia magistra vitae” atau sejarah adalah guru kehidupan adalah ….

A.    Aristoteles

B.     Hipocrates

C.     Thales

D.    Heredotus

E.     Cicero

32.     Sumber informasi dikelompokan sebagai skunder apabila diperoleh melalui ….

A.    Perbandingan tentang hal-hal yang telah lalu

B.     Peninggalan benda-benda kebudayaan

C.     Rekaman kaset audio dan rekaman kaset video

D.    Perantara yang tidak terkait langsung dengan peristiwa sejarah

E.     Informasi yang disampaikan oleh pihak yang terdekat dengan peristiwa yang di kaji

33.     Sejarah memiliki sifat unik karena pada hakikatnya suatu peristiwa sejarah tidak dapat terulang atau terjadi lagi sama persis. Dengan demikian, sejarah memiliki proses sebagai ….

A.    Pelajaran

B.     Peristiwa

C.     Kisah

D.    Seni

E.     Ilmu

34.     Sumber yang menunjukan kesaksian langsung pada saat peristiwa sejarah itu terjadi disebut ….

A.    Sumber Sekunder

B.     Sumber primer

C.     Sumber lisan

D.    Sumber tertulis

E.     Sumber benda

35.     Studi sinkronis bersifat ….

A.    Vertikal

B.     Horizontal

C.     Tetap

D.    Konsep

E.     Ilmu

36.    Perbedaan utama antara zaman praaksara dengan zaman aksara terletak pada …

A.    Masalah tulisan

B.     Masalah pemerintahan

C.     Masalah kebudayaan

D.    Masalah perekonomian

E.     Masalah teknologi

37.    Sejarah sebagai ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan dari beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan. Definisi tersebut dikemukakan oleh ….

A.    Ibnu Khaldun

B.     R. Mohammad Ali

C.     Muhammad Yamin

D.    Herodotus

E.     Aristoteles

38.     Prasasti yupa merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman ….

A.       Paleolitikum

B.       Megalitikum

C.       Mesolitikum

D.       Neolitikum

E.        Mesozoikum

39.     cara masyarakat praaksara untuk merekam dan mewariskan masa lalunya adalah ….

A.    Melalui ingatan kolektif dalam bentuk tradisi lisan

B.     Membangun prasasti

C.     Membangun tempat-tempat pemujaan

D.    Membuat lukisan-lukisan di dinding gua

E.     Melalui upacara-upacara ritual

40. Suatu peristiwa sejarah tidak akan terjadi tanpa ada yang menggerakannya, penggerak sejarah adalah

A.    Kekuatan alam          

B.     kekuatan duniawi

C.     Hokum alam             

D.    Lingkungan

E.     Manusia


 KUNCI JAWABAN

  1. D
  2. A
  3. A
  4. E
  5. A
  6. B
  7. D
  8. A
  9. D
  10. D
  11. B
  12. C
  13. C
  14. D
  15. E
  16. B
  17. C
  18. C
  19. E
  20. E
  21. D
  22. A
  23. A
  24. A
  25. B
  26. A
  27. B
  28. C
  29. B
  30. C
  31. E
  32. D
  33. B
  34. B
  35. B
  36. A
  37. C
  38. B
  39. A
  40. E

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LihatTutupKomentar