LATIHAN 4 SOAL PRETES PPG SEJARAH 2022

Latihan Soal Pretes PPG 2022

A. Soal Pedagogik

1. Langkah dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan pembelajaran adalah ...

A. Observasi terhadap proses pembelajaran

B. Merencanakan tindakan berikutnya

C. Melakukan refleksi untuk perbaikan

D. Mengidentifikasi kelebihan metode yang digunakan

E. Melakukan verifikasi hasil wawancara dengan siswa


Jawaban : A

2. Berdasarkan IPK Menjelaskan tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan, manakah tujuan pembelajaran yang paling tepat?

A. Melalui kegiatan menjelaskan tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan peserta didik dapat menyusun tulisan ilmiah.

B. Melalui ceramah bervariasi guru dapat mengajak siswa menubuhkan kesadaran awal kebangsaan.

C. Melalui kegiatan membaca peserta didik dapat berdiskusi mengenai tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan.

D. Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat menjelaskan tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan.

E. Melalui kesadaran awal kebangsaan peserta didik dapat menjelaskan berbagai tulisan ilmiah yang terkait.


Jawaban : D

3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.

Guru harus senantiasa mengacu pada buku teks terbaru

(1) Guru merupakan satu-satunya sumber belajar yang sifatnya mutlak

(2) Buku teks sebagai sumber utama harus dikemas dalam bentuk e-book

(3) Sumber belajar utama ialah buku teks resmi yang dikeluarkan pemerintah

(4) Pada beberapa sisi buku teks seringkali kurang kontekstual

(5) Internet menyajikan sumber belajar yang lebih up to date

 

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut yang termasuk perspektif modern dalam pemanfaatan sumber belajar ditunjukkan oleh nomor ...

A. (4) dan (5)

B. (1) dan (2)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)


Jawaban : E

4. Dalam Kurikulum 2013 terdapat mata pelajaran sejarah Indonesia dan sejarah yang memiliki orientasi berbeda. Mata pelajaran sejarah Indonesia memiliki karakteristik ...

A. Memperdalam kajian sejarah Indonesia terutama bagi peminatan ilmu-ilmu sosial

B. Menjadi alat doktrinasi sejarah resmi versi pemerintah yang sifatnya wajib

C. Mengutamakan analisis mengenai sejarah Indonesia dalam konteks sejarah dunia

D. Fokus pada penguatan karakter kebangsaan sehingga menjadi mata pelajaran wajib

E. Menekankan aspek keilmuan khususnya sejarah perjuangan bangsa Indonesia


Jawaban : D

5. Langkah terakhir dalam kegiatan PTK di setiap siklus adalah ...

A. Observasi dan wawancara

B. Melakukan refleksi

C. Merencanakan tindakan

D. Melakukan evaluasi dan revisi

E. Melakukan verifikasi hasil Tindakan


Jawaban : B

6. Pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 berlangsung siang hari menjelang jam pelajaran berakhir. Suasana kelas tidak terlalu kondusif. Peserta didik cenderung pasif dan eng- gan menanggapi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Mereka lebih memilih berma- las-malasan di kursi karena didera rasa kantuk dan lapar.

Berdasarkan situasi kelas tersebut maka guru sebaiknya menerapkan metode pembela- jaran yang tepat yaitu ...

A. Diskusi dengan teman sebangku setelah menyaksikan suatu film sejarah.

B. Ceramah yang diakhiri dengan tugas menyusun peta konsep secara individual.

C. Diskusi tentang suatu proyek belajar sejarah dilanjutkan dengan presentasi hasil.

D. Tanya jawab yang ditutup dengan tugas rumah membuat rangkuman materi.

E. Ceramah bervariasi yang diselingi dengan kegiatan tanya jawab.


Jawaban : C

7. Perhatikan pendekatan-pendekatan di bawah ini

(1) Pendekatan ilmu-ilmu sosial

(2) Pendekatan prosesual

(3) Pendekatan struktural

(4) Pendekatan urutan waktu


Dari pendekatan-pendekatan tersebut, yang cocok untuk mengembangkan kajian yang bersifat sinkronis adalah pendekatan nomor ...

A. (2) dan (4)

B. (2) dan (3)

C. (1) dan (4)

D. (1) dan (3)

E. (3) dan (4)


Jawaban : D

8. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sangat penting bagi guru terutama untuk ...

A. Pembuktian sebagai guru profesional di bidang pembelajaran

B. Membantu sekolah dalam menyelesaikan masalah-masalah kesiswaan

C. Proses kenaikan pangkat yang mensyaratkan guru telah melaksanakan PTK sejarah

D. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui implementasi metode yang relevan

E. Mendorong guru meningkatkan profesionalitasnya dalam mengajar sejarah


Jawaban : D

9. Pada sebuah kelas uggulan, di mana kelas sejarah kurang kondusif karena siswa merasa pintar, dan tidak cocok menggunakan metode ceramah. Pada kasus ini, dalam menyusun RPP sebaiknya guru mendesain ...

A. Tes yang sulit agar siswa bisa belajar memecahkan masalah yang rumit

B. Media yang dapat menjelaskan secara kongkret sebuah peristiwa yang abstrak

C. Perlu penjelasan yang runtut agar siswa mudah memahami sebuah peristiwa

D. Metode kerja mandiri seperti sebuah kegiatan penelitian sejarah

E. Bahan ajar yang memudahkan siswa menghafal fakta-fakta sejarah


Jawaban : D

10. Setelah Pak Bandi melaksanakan penilaian dan evaluasi, diketahui semua siswa sudah tuntas di atas KKM. Apa yang harus dilakukan Pak Bandi dengan hasil evaluasi di kelas sejarah tersebut?

A. Memberikan pujian dan terus memotivasi siswa untuk mendapat nilai yang lebih optimal.

B. Melanjutkan materi berikutnya tanpa terpengaruh oleh hasil tes yang sudah baik hasilnya.

C. Memberikan tugas tambahan untuk di luar KD untuk memperluas wawasan kesejarahan siswa.

D. Melanjutkan materi pelajaran sejarah kepada KD berikutnya mengingat sudah terjadwal secara ketat.

E. Mencoba untuk memberi tes yang ke-2 untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumennya.

 

Jawaban : E

11. Masalah serius yang dihadapi sekolah dalam pembelajaran sejarah adalah ...

A. Belum terbentuknya kultur membaca yang benar dalam belajar sejarah

B. Rendahnya kesadaran sejarah dan nasionalisme siswa

C. Terlalu saratnya materi pelajaran sejarah menyangkut fakta

D. Terbatasnya sumber belajar sejarah yang relevan dengan materi

E. Kurangnya kejujuran dalam melaksanakan ujian sekolah


Jawaban : B

12. Perhatikan beberapa subpokok bahasan berikut ini.

(1) Peristiwa Rengasdengklok

(2) Pemberontakan DI/TII

(3) Pertempuran Surabaya

(4) Perundingan Linggarjati

(5) Serangan Oemoem 1 Maret

(6) Perebutan kembali Irian Barat

Untuk mengenali lebih dalam karakter tokoh yang terlibat dalam peristiwa sejarah seka- ligus menggali nilai-nilai yang dapat diteladani, maka biasa digunakan model coop- erative learning tipe role playing. Model ini tepat apabila diterapkan pada subpokok bahasan yang ditunjukkan oleh nomor ...

A. (1), (3), dan (5)

B. (1), (2), dan (3)

C. (2), (4), dan (6)

D. (1), (4), dan (6)

E. (4), (5), dan (6)


Jawaban : A

13. Perhatikan aktivitas-aktivitas belajar sejarah yang dilakukan peserta didik berikut ini.

(1) Menggali data-data dariberbagai sumber sejarah

(2) Memanfaatkan berbagai bentuk literasi sejarah seluas-luasnya

(3) Mengidentifikasi masalah dan menemukan jawabannya dari berbagai informas

(4) Menentukan tema sejarah yang akan didiskusikan

(5) Mendesain rencana proyek yang akan disusun

(6) Menampilkan hasil karya dalam bentuk drama sejarah

Aktivitas peserta didik dalam model discovery learning ditunjukkan oleh nomor ... 

A. (4), (5), dan (6)

B. (1), (4), dan (6)

C. (1), (2), dan (3)

D. (1), (3), dan (5)

E. (2), (4), dan (6)


Jawaban : C 

14. Penilaian ranah pengetahuan dalam pembelajaran sejarah perlu mengembangkan soal- soal pada level HOTS. Hal ini memiliki arti penting untuk mengembangkan ...

A. Kompetensi pengetahuan pada tataran konseptual sampai metakognitif.

B. Kemampuan berpikir kritis-analitis sekaligus memaknai suatu peristiwa sejarah.

C. Keterampilan mengungkapkan gagasan kritis secara lisan dan tertulis.

D. Kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara terpadu.

E. Kemampuan berpikir pada berbagai tingkatan kognitif dalam Taksonomi Bloom.


Jawaban : B

15. Dalam menyusun RPP, guru sejarah harus memperhatikan prinsip-prinsip dalam peny- usunan RPP, misalnya menyangkut komponen mengenai penguatan, pengayaan, dan remidial yang dirumuskan melalui kegiatan ...

A. Penilaian proses dan hasil belajar peserta didik

B. Pemberian umpan balik untuk mengubah metode pembelajaran

C. Perbaikan secara terus menerus untuk mencapai standar

D. Program peningkatan kualitas pembelajaran

E. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut hasil penilaian


Jawaban : E

16. Jenis penilaian yang dilakukan guru sejarah dengan memanfaatkan hasil observasi terh- adap perilaku peserta didik dalam pembelajaran adalah ...

A. Keterampilan

B. Sikap

C. Pengetahuan

D. Portofolio

E. Proses


Jawaban : B

17. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang tepat untuk KD Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru adalah ...

A. Memahami dampak-dampak dari peristiwa Malari

B. Merekonstruksi jalannya peristiwa Malari

C. Menganalisis latar belakang terjadinya peristiwa Malari

D. Menyebutkan waktu terjadinya peristiwa Malari

E. Menjelaskan para pelaku dari peristiwa Malari


Jawaban : C

18. Perhatikan berbagai tipe model pembelajaran kooperatif berikut ini.

(1) Jigsaw

(2) Talking stick

(3) STAD

(4) Role playing

(5) NHT

(6) Snowball throwing 

Dalam upaya membangun kesadaran sejarah dalam diri peserta didik maka pembela- jaran sejarah haruslah bersifat konstruktivistik. Salah satunya melalui kegiatan diskusi dan saling berinteraksi antar peserta didik. Terkait dengan hal tersebut maka tipe model pembelajaran kooperatif yang cocok ditunjukkan oleh nomor ...

A. (1), (3), dan (4)

B. (2), (5), dan (6)

C. (2), (4), dan (6)

D. (1), (2), dan (3)

E. (1), (3), dan (5)


Jawaban : A

19. Perhatikan berbagai tipe model pembelajaran kooperatif berikut ini.

(1) NHT

(2) Talking stick

(3) Role playing

(4) STAD

(5) Snowball throwing

(6) Jigsaw


Pembelajaran sejarah tidak dapat dilepaskan dari pengetahuan akan fakta-fakta. Tanya jawab menjadi salah satu cara paling efektif untuk memanggil kembali ingatan (recall- ing) peserta didik seputar fakta sejarah. Terkait dengan hal itu maka tipe model pembe- lajaran kooperatif yang cocok ditunjukkan oleh nomor ...

A. (3), (4), dan (5)

B. (3), (4), dan (6)

C. (1), (4), dan (6)

D. (1), (2), dan (3)

E. (1), (2), dan (5)


Jawaban : E

20. Apabila setelah dilakukan penilaian pembelajaran sejarah terdapat beberapa siswa yang nilainya sempurna, apa yang harus dilakukan oleh guru sejarah?

A. Memberikan tugas tambahan yang lebih berat dan menantang.

B. Memberi hadiah untuk merangsang siswa lain untuk berprestasi.

C. Menyarankan untuk belajar mandiri dan menjadi tutor teman sekelas.

D. Memberi pengayaan melalui penugasan bacaan yang relevan.

E. Memberikan nilai maksimal dan sempurna dalam raport.

 

Jawaban : D

B. Soal Profesional

1. Pemerintah berhasil dalam memadamkan Pemberontakan PKI di Madiun 1948 melalui ...

A. Pengerahan pasukan RPKAD untuk menyerang basis pertahanan PKI di Solo

B. Penyerangan markas PKI dan penangkapan tokoh-tokohnya di Surakarta

C. Politik blokade Madiun sehingga PKI di Madiun kekurangan bahan makanan

D. Pengiriman pasukan Siliwangi untuk menumpas PKI di Madiun

E. Pemecatan seluruh tentara yang terlibat dalam Pemberontakan PKI di Madiun


Jawaban : D

2. Perjuangan Rakyat Semesta atau Permesta di Manado berhasil dipadamkan oleh pemer- intah melalui ...

A. Operasi Banteng

B. Pembentukan Dewan Manguni

C. Pembentukan Dewan Gajah

D. Operasi Saptamarga

E. Operasi Sadar


Jawaban : D

3. Perhatikan data berikut ini.

(1) Rempah-rempah sebagai emas hitam Eropa

(2) Kemajuan IPTEK

(3) Perubahan konstelasi politik di Konstantinopel

(4) Misi diplomatik

(5) Indonesia sebagai pasar potensial


Dari data di atas, faktor-faktor yang mendorong bangsa Portugis datang di Indonesia ditunjukkan oleh nomor ...

A. (1), (4), dan (5)

B. (1), (2), dan (3)

C. (3), (4), dan (5)

D. (1), (2), dan (4)

E. (2), (3), dan (5)


Jawaban : B

4. Perhatikan beberapa ciri arsitektur masjid berikut ini.

(1) Atap masjid pada puncaknya diberi mustaka

(2) Masjid beratap tumpang atau susun berbentuk meru

(3) Terdapat menara serupa candi sebagai bagian dari masjid

(4) Masjid memiliki tiang-tiang penopang atau pilar dari kayu utuh

(5) Masjid berkembang dengan atap berbentuk kubah

(6) Masjid dilengkapi pancuran dan kolam dangkal untuk berwudhu

 

Masjid-masjid di Indonesia pada awal masuk dan berkembangnya Islam tidak mening- galkan begitu saja budaya setempat. Hal tersebut didukung oleh pernyataan-pernyataan yang ditunjukkan oleh nomor ...

A. (2), (3), dan (4)

B. (1), (3), dan (5)

C. (1), (2), dan (3)

D. (4), (5), dan (6)

E. (2), (4), dan (6)


Jawaban : C

5. Tuntutan pemuda dan mahasiswa melalui gerakan reformasi 1998 adalah ...

A. Turunkan Presiden Soeharto, turunkan harga BBM, selamatkan moral bangsa, dan bubarkan Partai Golkar

B. Pemisahan antara TNI dan Kepolisian, turunkan Presiden Soeharto, dan turunkan harga kebutuhan pokok

C. Turunkan harga, hapus Dwi Fungsi ABRI, kembali ke UUD 1945, dan bubarkan Partai Golkar

D. Hapus dwifungsi ABRI, turunkan Presiden Soeharto, dan bubarkan parta-partai politik semasa Orde Baru

E. Turunkan Presiden Soaharto, turunkan harga, hapus dwifungsi ABRI, dan bubarkan Partai Golkar


Jawaban : E

6. Raja Singasari yang paling banyak melakukan ekspedisi penaklukan adalah ...

A. Jayakatwang

B. Kertanegara

C. Kertarajasa

D. Ken Arok

E. Wisnuwardana


Jawaban : B

7. Pada 20 September 1953 Daud Beureuh memproklamasikan NII atas nama masyarakat Aceh, menyatakan Aceh dan daerah-daerah sekitarnya menjadi bagian dari NII pimpinan Kartosuwiryo Jawa Barat. Setelah 9 tahun pemberontakan ini akhirnya berhasil ditumpas melalui ...

A. Pemberian kembali status daerah istimewa bagi Aceh yang setingkat provinsi oleh pemerintah

B. Operasi militer dan dan penerangan-penerangan melalui musyawarah kerukunan masyarakat Aceh

C. Pendekatan kekeluargaan dengan memberikan kebebasan pada masyarakat Aceh untuk menentukan nasibnya sendiri

D. Operasi militer dengan pengerahan pasukan pemerintah secara besar-besaran ke wilayah Aceh

E. Operasi gabungan yang melibatkan rakyat dengan fokus sasaran penangkapan Daud Beureuh

 Jawaban : B

8. Syafruddin Prawiranegara memiliki peran penting pasca Agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1948 yaitu ...

A. Membentuk pemerintahan pelarian Indonesia di India dengan bantuan India

B. Membentuk Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia dan Permesta

C. Membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Bukit Tinggi Sumatera Barat

D. Membentuk Pemerintahan pelarian yang berdaulat di Bukit Tinggi Sumatera Barat

E. Menggantikan Soekarno sebagai pejabat Presiden yang memiliki otoritas penuh


Jawaban : C

9. Dengan kajian terhadap peralatan manusia purba di Indonesia, Von Heine Geldern menarik sebuah kesimpulan bahwa ...

A. Persebaran manusia purba berasal dari Afrika dan Asia Timur

B. Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Asia Tengah

C. Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia bermigrasi dari Afrika

D. Arus migrasi manusia purba di Indonesia berasal dari Cina Selatan

E. Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Austronesia


Jawaban : B

6. Dalam penulisan sejarah, terutama yang dimensi temporalnya panjang, penting bagi sejarawan untuk menyusun periodisasi. Pemakaian periodisasi efektif untuk mengaktualisasikan ...

A. Pengertian sejarah sebagai ilmu tentang manusia

B. Pengertian sejarah sebagai ilmu tentang waktu

C. Pengertian sejarah sebagai ilmu tentang sesuatu yang tertentu, satu-satunya, dan terperinci

D. Pengertian sejarah sebagai ilmu tentang sesuatu yang unik, sekali terjadi dan tidak bisa diulang

E. Pengertian sejarah sebagai ilmu tentang sesuatu yang bermakna social


Jawaban : B

11. Perhatikan konsep-konsep di bawah ini.

(1) Kronologi

(2) Periodisasi

(3) Relasi antar bidang kehidupan

(4) Studi perbandingan

Dari konsep-konsep di atas, yang cocok untuk mengembangkan kajian yang bersifat diakronis adalah konsep nomor ...

A. (3) dan (4)

B. (1) dan (3)

C. (1) dan (2)

D. (2) dan (3)

E. (1) dan (4)

 

Jawaban : C

12. Mengevaluasi kemampuan Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa Reformasi

Bentuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada masa reformasi adalah 

A. Pengembangan industri kapal nasional

B. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan

C. Semakin banyaknya investasi pendidikan di dalam negeri

D. Pengembangan nuklir untuk perdamaian


Jawaban : A

13. Perhatikan beberapa bukti akulturasi pada seni rupa berikut ini.

(1) Ukiran tidak menggambarkan bentuk makhluk hidup apalagi manusia

(2) Pola tumbuhan masih digunakan namun bukan sulur-suluran

(3) Pola ukiran menggunakan huruf-huruf Arab atau kaligrafi

(4) Ukiran hanya dilakukan pada media kayu bukan batu-batuan

(5) Seni pahat patung cenderung mengalami kemunduran

(6) Seni ukir-ukiran tidak digunakan untuk jirat makam

Ada beberapa penyesuaian dalam seni ukir sejak masuk dan berkembangnya Islam se- bagaimana ditunjukkan oleh nomor ...

A. (1), (3), dan (5)

B. (2), (4), dan (6)

C. (4), (5), dan (6)

D. (1), (2), dan (3)

E. (2), (3), dan (4)


Jawaban : A

14. Faktor utama jatuhnya kekuasaan Soekarno dan digantikan oleh Soeharto adalah ....

A. Skenario A.H. Nasution untuk melaksanakan dwifungsi ABRI

B. Pemberontakan PKI 1965 mengindikasikan kegagalan politik Soekarno

C. Keinginan rakyat untuk memiliki pemimpin baru yang berlatarbelakang militer

D. Soekarno merasa tersudutkan karena telah merangkul PKI dalam kabinet

E. Keberhasilan PKI dalam melenyapkan anggota Dewan Jenderal


Jawaban : B

15. Salah satu faktor yang menggerakkan sejumlah tokoh nasional Indonesia bersedia beker- jasama dengan pemerintah Jepang adalah bahwa ...

A. Sebagai sesama bangsa Asia, apalagi berposisi sebagai saudara tua, kedatangan Jepang dipercaya membawa misi penyelamatan

B. Sejak awal kedatangannya, Jepang telah membicarakan tentang kemerdekaan Indonesia

C. Misi utama kedatangan Jepang tidak lain dalam rangka membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme Eropa

D. Bagi bangsa Indonesia, berkenaan dengan kedatangan Jepang, tidak ada alternatif lain kecuali membangun kerjasama

E. Kekuatan militer Jepang tidak mungkin bisa dilawan

 

Jawaban : B

16. Salah satu sifat pendudukan Jepang adalah dipraktikkannya mobilisasi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam secara massif. Karakter ini berkaitan erat dengan ...

A. Cita-cita kemakmuran bersama dalam konteks Asia Raya

B. Militerisme yang dibangun

C. Tabiat Jepang yang kolonialistik

D. Tabiat Jepang yang kapitalistik

E. Kebutuhan aktual Jepang untuk memenangkan perang


Jawaban : E

17. Salah satu tujuan didirikannya ASEAN adalah ...

A. Meningkatkan solidaritas negara serumpun

B. Memantapkan berlakunya MEA

C. Menjaga stabilitas keamanan di Asia Tenggara

D. Memajukan secara bersama budaya serumpun

E. Mendorong kerja sama di bidang militer


Jawaban : C

18. Salah satu pengaruh Belanda yang masih hidup hingga saat ini di Indonesia adalah bidang pendidikan. Keberlanjutan yang tampak kuat ini berkaitan erat dengan kenyata- an bahwa pendidikan ...

A. Merupakan tanggungjawab pemerintah

B. Makin kapitalistik dan industrialistik

C. Makin terjangkau biayanya

D. Merupakan sarana penting modernisasi

E. Dibutuhkan oleh banyak orang


Jawaban : D

19. PPKI mengambil keputusan membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 22 Agustus 1945 yang tugas utamanya yaitu ...

A. Usaha mempersiapkan berdirinya tentara kebangsaan Republik Indonesia

B. Sebagai penjaga keamanan di tingkat pusat di bawah komando KNIP

C. Menangkal aksi-aksi pasukan Sekutu dan Belanda yang mengancam kedaulatan

D. Badan penjaga keamanan di daerah-daerah di bawah koordinasi KNIP setempat

E. Badan setingkat tentara untuk menjaga kedaulatan republik yang baru berdiri


Jawaban : D

20. Budaya neolitik yang masih dipraktikkan di banyak tempat di Indonesia saat ini adalah ....

A. Pembuatan anak panah

B. Pembuatan kain tenun

C. Pembuatan gerabah

D. Pembuatan manik-manik

E. Pembuatan batu kubur

 

Jawaban : C

21. Mengidentifikasi langkah-langkah penelitian sejarah Salah satu langkah dalam penelitian sejarah adalah kritik sumber (verifikasi), yang ter- diri dari ...

A. Tahap 2: kritik eksternal

B. Tahap 1: uji otentisitas

C. Tahap 2 : uji otentisitas

D. Tahap 1: uji kredibilitas

E. Tahap 1 : kritik internal


Jawaban : B

22. Pada masa Kerajaan Mataram Islam, berkembanglah sistem masyarakat feodal. Sistem tersebut menjadi dasar utama relasi antara tuan tanah (patron) dengan pekerja (klien). Hal ini tidak lepas dari faktor ...

A. Kekuasaan Mataram yang sangat luas dengan wilayah yang begitu besar

B. Kekuatan politik militer penguasa yang mutlak dan tidak terkalahkan

C. Berkembangnya budaya masyarakat yang mendapat pengaruh Islam

D.   Wilayah Mataram berada di pedalaman Jawa yang bernuansa agraris

E.   Kemunduran kehidupan pelayaran-perdagangan di wilayah pesisiran


Jawaban : D

23. Penyebab jatuhnya Kabinet Natsir 1950-1951 adalah ...

A. Kegagalan Natsir dalam memulihkan perekonomian nasional terutama menyangkut kesehatan dan kesejahteraan rakyat

B. Perselisihan paham dengan PNI yang mendesak segera diselenggarakannya Pemilu untuk memilih wakil-wakil rakyat

C. Kegagalan Natsir dalam memperjuangkan usaha kembali ke UUD 1945 secara murni dan konsekuen

D. Kegagalan Natsir dalam memperjuangkan Irian Barat dan perbedaan paham dengan Presiden Soekarno

E. Perselisihan paham dengan anggota Masyumi dan kegagalannya dalam menyusun undang-undang pemilu


Jawaban : D

24. Pertumbuhan ekonomi masa Orde Baru tidak mampu membendung krisis ekonomi dun- ia tahun 1997 yang merupakan pendorong juga jatuhnya pemerintahan Orde Baru kare- na ...

A. Pertumbuhan ekonomi tidak dibarengi dengan pemerataan dan landasan ekonomi yang mantap

B. Krisis ekonomi dunia terlalu besar sehingga berdampak terhadap krisis multidimensi

C. Rasio hutang luar negeri Indonesia tidak sebanding dengan pendapatan negara

D. Kebijakan pemerintah yang lebih memfokuskan pada sektor pertanian dan industri

E. Pertumbuhan ekonomi hanya diwakili oleh kalangan menengah saja sehingga rapuh pada ekonomi rakyat


Jawaban : A

25.      Langkah strategis Presiden B.J. Habibie setelah pelantikannya sebagai presiden pada 21 Mei 1998 adalah ...

A. Menyelesaikan permasalahan Timor Timur

B. Membentuk Kabinet Reformasi Pembangunan

C. Membentuk Kabinet Reformasi Nasional

D. Memberlakukan sistem multipartai

E. Membentuk Kabinet Reformasi Persatuan Nasional


 Jawaban : B



LihatTutupKomentar