LATIHAN 3 SOAL PROFESIONAL PPG SEJARAH 2022
SOAL PROFESIONAL
1. Tujuan
periodisasi dalam sejarah yang paling berkaitan dengan sejarah sebagai ilmu
adalah ...
A. Mengkritisi kompleksitas peristiwa.
B. Memudahkan klasifikasi peristiwa.
C. Mengembangkan pendekatan diakronis
D. Mengidentifikasi latarbelakang peristiwa .
E. Memenuhi persyaratan heuristik
Jawaban : B
Pembahasan : Menyerdehanakan kompleksitas peristiwa,
mengembangkan pendekatan diakronis, mengidentifikasi latar belakang peristiwa
bukan bagian dari sturktur penu- lisan sejarah sebagai ilmu melainkan sifat
praktis penggunaan periodisasi atau pemba- bakan, sedangkan periodisasi bukan
syarat dalam kegiatan heuristik.
2. Sejarah
adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadi- an,
dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. Pernyataan tersebut
merupa- kan pengertian sejarah menurut ...
A. R.G.
Collingwood
B. Kuntowijoyo
C. Sartono
Kartodirdjo
D. R.
Moh. Ali
E. Ibnu
Khaldun
Jawaban : D
Pembahasan : Sejarah adalah ilmu yang bertugas
menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang
merupakan realitas dari masa lalu, merupakan pengertian sejarah menurut R. Moh.
Ali.
3. Corak
kehidupan ekonomi manusia purba di Indonesia yang memiliki tingkat ketergantungan
kepada alam paling tinggi dapat ditemukan pada kehidupan ekonomi tahap ...
A. Berburu
dan meramu tingkat awal
B. Berburu
dan meramu tingkat lanjut
C. Bercocok
tanam pola ladang
D. Bercocok
tanam pola basah
E. Industri rumah tangga
Jawaban : A
Pembahasan : Berburu dan meramu tingkat awal memiliki
ciri masih minimnya ke- mampuan manusia memanfaatkan teknologi dalam memenuhi
kebutuhan ekonominya. Kemampuan untuk mengolah alam untuk kepentingan
kehidupannya masih sangat ter- batas, sementara pada periode B,C,D dan E
menunjukan tanda semakin meningkatnya pemanfaatan teknologi untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya.
4. Jalur
migrasi nenek moyang Bangsa Indonesia yang benar ditunjukkan oleh pernyataan
berikut,
A. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka
masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak lonjong .
B. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa
(Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan
artefak berupa kapak persegi
C. Jalur barat dari Yunan melalui selat
Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak persegi.
D. Jalur timur dari Yunan melalui Formosa
(Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan
artefak berupa nekara.
E. Jalur barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan artefak kapak bahu.
Jawaban : C
Pembahasan : Salah satu teori mengatakan bahwa jalur
barat dari Yunan melalui selat Malaka masuk ke Sumatra masuk ke Jawa dengan
artefak kapak persegi. Sementara jalur timur dari Yunan melalui Formosa
(Taiwan) masuk ke Filipina kemudian ke Sulawesi kemudian masuk ke Irian dengan
artefak berupa kapak lonjong.
5. Salah
satu hasil budaya masyarakat pra aksara Indonesia adalah sarkopagus dengan ciri
utamanya adalah ...
A. Terbuat dari tembaga.
B. Berbentuk tugu.
C. Bermanfaat untuk meja persembahan.
D. Fungsinya untuk kuburan.
E. Ditemukan di daerah pantai.
Jawaban : D
Pembahasan : Sarkofagus adalah salah satu peninggalan
jaman megalithikum yang berfungsi sebagai keranda dari batu besar berbentuk
lesung atau palung dengan tutup di atasnya. Fungsi sarkofagus pada jamannya
adalah sebagai kubur batu.
6. Salah
satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber
sejarah disebut ...
A. Periodisasi
B. Interpretasi
C. Heuristik
D. Historiografi
E. Verifikasi
Pembahasan : Tahapan penelitian sejarah yang bermaksud
menguji keabsahan sumber sejarah adalah verifikasi. Verifikasi atau kritik sumber
meliputi kritik intern dan kritik ekstern
7. Benda
yang berasal tradisi pra aksara yang masih digunakan hingga sekarang adalah…
A. Batu penggilingan beserta landasannya.
B. Nekara
C. Dolmen
D. Punden berundak
E. Sarkopagus
Jawaban : A
Pembahasan : Pipisan adalah batu-batu Penggiling
beserta landasannya. Bila diband- ingkan dengan zaman sekarang, barangkali
pipisan ini serupa dengan ulekan karena sama-sama digunakan untuk menghancurkan
biji-bijian. Hanya saja bentuk pipisan ini datar dan halus.
8. Kekuatan
pertimbangan dari teori Brahmana terkait masuknya pengaruh India ke Indonesia
adalah bahwa kaum Brahmana ...
A. Memiliki keleluasaan untuk pergi mengarungi
samudra.
B. Menguasai penggunaan teknologi kemaritiman.
C. Menguasai bahasa sansekerta dan agama Hindu.
D. Menguasai kekayaan untuk dana perjalanan
antar wilayah.
E. Memiliki kekuasaan politik dan milier dalam pemerintahan
Jawaban : C
Pembahasan : Menurut teori Waisya yang dikemukakan
oleh N.J. Krom, agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh kaum Waisya atau pedagang
9. Peninggalan-peninggalan
budaya Nusantara yang dipengaruhi oleh tradisi India adalah ...
A. Punden Berundak, Candi,dan agama Buddha.
B. Agama Buddha, bahasa Melayu dan tulisan
Palawa.
C. Agama Hindu, bahasa sangsekerta, dan kakawin
Bharatayudha.
D. Candi, bahasa Melayu, dan hikayat Hang Tuah.
E. Candrasa, tahun Saka, dan Cerita Panji.
Jawaban : C
Pembahasan : Peninggalan dari budaya India di
Indonesia antara lain Agama Hindu dan Buddha,candi, tulisan palawa, bahsa
sangsekerta, kakawin mahabarata, dan sistem tahun saka.
10. Perdagangan
di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena ...
A. Mundurnya peranan pelabuhan Malaka
B. Ramainya perdagangan di selat Malaka
C. Letaknya strategis antara India dengan Cina
D. Daerah kekuasaannya sangat luas
E. Menjadi pusat penghasil pala
Jawaban : C
Pembahasan: Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuatan
armada laut yang disegani di selat Malaka pada masa kejayaannya.Penguasaan
daerah tepi dan selat Malaka memberikan keuntungan besar dari sisi perniagaan
regional maupun internasional.Letak yang stra- tegis di tepian selat Malaka
merupakan faktor utama penunjang kejayaan perniagaan Sriwijaya.
11. Perang
suadara seringkali menghancurkan suatu kekuasaan. Sebagaimana terjadi pada
keruntuhan kerajaan Hindu-Budha berikut ini,
A. Kutai
B. Tarumanagara
C. Majapahit
D. Bali
E. Pajajaran
Jawaban : C
Pembahasan : Tidak ditemukan bukti bahwa di Kerajaan
Kutai, Tarumanagara, Bali maupun Pajajaran terjadi perang saudara yang
menyebabkan keruntuhan kerajaan. Fak- ta yang sampai kepada kita adalah perang
saudara di kerajaan Majapahityang dikenal dengan Perang Paregreg, yang berarti
perang bertahap, perang setahap demi setahap. Perang ini melibatkan keluarga
dekat antara putra dari selir bernama Bhre Wirabhumi dengan menantu raja,
Wikramawardhana. Dampak perang yang berlarut- larut adalah melemahnya
pemerintahan dan banyak daerah melepaskan diri dari Majapahi, dan ak- hirnya
disintregasi maka secaraperlahan Majapahit runtuh.
12. Salah
satu bukti adanya akulturasi budaya pada jaman Hindu dan Buddha dengan masa
sesudahnya adalah ...
A. Pola punden berundak candi Borobudur.
B. Nama raja Aswawarman dari Kutai.
C. Arsitek unik menara masjid Kudus
D. Sistem pemerintahan kesultanan
E. Arsitektur candi Singosari di masjid Ampel
Jawaban : C
Pembahasan : Mesjid Kudus merupakan perwujudan
bangunan hasil akulturasi antara dua kebudayaan Hindu-Jawa dengan Islam.Budaya
Hindu-Jawa sendiri tercermindari bangunan yang mirip candi.Sedangkan budaya
Islam tercermin dari penggunaannya un- tuk adzan.Cerminan akulturasi dari masjid
ini juga tercermin dari corak bagian gapura dan juga pada bagian dalam masjid
yang memiliki sepasang gapura kuno yang disebut dengan “Lawang
Kembar”.Akulturasi sendiri merupakan percampuran dua budaya atau lebih yang
tidak menghapus budaya aslinya.
13. Bangunan
ini sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata dunia yang merupakan
peninggalan kerajaan Mataram Kunodan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO,
terletak 17 km timur laut kota Yogyakarta. Bangunan dimaksud adalah candi ...
A. Borobudur
B. Penataran
C. Cangkuang
D. Jago
E. Prambanan
Jawaban : E
Pembahasan : Prembanan adalah candi Hindu terbesar di
Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur
bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada
umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47
meter menjulang di tengah kompleks gugusan can- di-candi yang lebih kecil.
14. Kekuatan
dari pendapat yang dikemukakan oleh Hamka terkait masuk dan berkemban- gnya
agama Islam di Nusantara sehingga diterima oleh beberapa ahli adalah mempo-
sisikan ...
A. Gujarat sebagai pusat peradaban Islam yang
disegani olehwilayah Timur.
B. Cina sebagai peradaban yang memiliki
keterbukaan kepada Islam.
C. Menempatkan Mekah yang menjadi kota pelabuhan
besar di abad ke-7.
D. Persia sebagai Negara yang memuliakan
peradaban Islam.
E. Menempatkan Konstantinopel sebagai ibu kota
Romawi Timur.
Jawaban : C
Pembahasan : Mengatakan bahwa proses masuknya Islam ke
Indonesia adalah langsung dari Mekah atau Arab sekitar abad pertama Hijriah.
Tokoh yang menperkenalkan teori ini adalah Haji Abdul Karim Amrullah atau HAMKA
15. Pernyataan
benar yang mengambarkan hasil kebudayaan dengan daerah temuannya adalah ...
A. Bustanus Salatin merupakan
peninnggalan sejarah dari Aceh.
B. Kitab sastra gending merupakan karya sastra
adiluhung dari Makasar
C. Mesjid Tumpang Lima yang bersejarah berasal
dari kerajaan Demak
D. Mesjid atap tumpang menunjukkan bentuk
akulturasi budaya di Banten
E. Lombo adalah kapal khas dari kerajaan Islam
Tidore Maluku
Jawaban : A
Pembahasan : Bustanus Salatin merupakan peninnggalan
sejarah dari Aceh, kitab
sastra gending merupakan karya sastra adiluhung dari
kerajaan Mataram, mesjid atap Tumpang Lima berasal dari kerajaan Banten,
sedangkan mesjid atap tumpang menun- jukkan bentuk akulturasi budaya dari
kerajaan Demak, dan lombo adalah kapal khas dari Sulawesi selatan.
16. Pernyataan
benar yang menggambarkan perkembangan politik pada masa kerajaan-ker- ajaan
Islam di Nusantara adalah ...
A. Penyerangan terhadap Batavia dilakukan
sebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Aamngkurat I dari Mataram
B. Politik adu domba Belanda memporak porandakan
hubungan antara kerajaan Gowa dengan Makasar.
C. Serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk
mengusir Portugis dipimpin Raden Patah.
D. Samudra Pasai pada masa Sultan Malik
as-Shalihberhasil menjalin diplomasi dengan kekaisaran Cina
E. Untuk mencapai kebesaran Kerajaan Aceh,
Sultan Iskandar Tani meneruskan perjuangan dengan menyerang Portugis dan
Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya
Jawaban : D
Pembahasan : Penyerangan terhadap Batavia dilakukan
sebanyak dua kali pada masa pemerintahan Sultan Agung dari Mataram, Politik adu
domba Belanda memporak po- randakan hubungan antara kerajaan Makasar dengan
Bone, serangan kerajaan Demak ke Malaka untuk mengusir Portugis dipimpin
Adipati Unus, samudra Pasai pada masa Sultan Malik as-Shalih berhasil menjalin
diplomasi dengan kekaisaran Cina, dan Kera- jaan Aceh pada masa Sultan Iskandar
Muda menyerang Portugis dan Kerajaan Johor di Semenanjung Malaya bukan
IskandarTani.
17. Kerajaan
Ternate tumbuh menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam perniagaan
internasional pada jamannya. Adapun keunggulan geostrategis dari kerajaan
tersebut adalah
A. Letaknya diantara kerajaan Samudra Pasai
dengan Demak.
B. Tanahnya subur untuk penanaman jenis rempah
seperti pala.
C. Memiliki keindahan pemandangan bawah laut
yang menakjubkan.
D. Penduduknya ramah dan terbuka kepada para
pendatang dari Eropa.
E. Memiliki armada laut yang tangguh mampu
berlayar hingga laut Tengah.
Jawaban : C
Pembahasan : Ternate terkenal sebagai pulau rempah
yang sangat dibutuhkan pada jaman itu bahkan rempah saat itu dikatakan emas
hitam. Rempah yang tumbuh di Ter- nata adalah pala dan cengkeh. Pemandangan
bawah lautnya indah tetapi belum menjadi kepedulian pada saat itu. Keramahan
penduduknya kurang berkaitan langsung dengan dimensi geostrategic.
18. Bukti-bukti
peninggalan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara yang masih ada sampai sekarang
adalah ...
A. Cerita Hikayat dari kerajaan Makasar
B. Mesjid Agung Atap Tumpang dari Demak
C. Makam Sultan Malik Al Shaleh di Banten
D. Kapal Pinisi dari Aceh
E. Kapal Lombo dari kerajaan Banjarmasin
Jawaban : B
Pembahasan : Cerita Hikayat dari kerajaan Samudra
Pasai, Mesjid Agung Atap Tump- ang dari Demak, makam Sultan Malik Al Shaleh
tidak berada di Banten, demikian juga kapal Pinisi dan Lombo berasal dari
Sulawesi Selatan
19. Perhatikan
fakta- fakta sejarah berikut!
1. Adanya semangat penaklukan (reconquista).
2. Jatuhnya Kontantinople, ibu kota Imperium ke
tangan Dinasti Usmani Turki.
3. Keinginan mengetahui lebih jauh mengenai
rahasia alam semesta, keadaan geografi, dan bangsa-bangsa yang tinggal di
belahan bumi lain.
4. Kepentingan untuk mendapatkan rempah-rempah.
5. Kisah Marcopolo (1254-1324), dalam buku Book
of Various Experience.
6. Adanya teori Copernicus dan Galileo Galilei
bahwa bumi bulat
Faktor perkembangan ilmu pengetahuan yang mendorong
kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia di tunjukan pada pilihan berikut.
A. 1, 3, dan 4
B. 2, 4, dan 6
C. 3,5, dan 6
D. 4, 5, dan 6
E. 5, 6 dan 1
Jawaban : C
Pembahasan : Adanya semangat penaklukan (reconquista),
jatuhnya Konstantinople, ibu kota Imperium ke tangan Dinasti Usmani Turki
merupakan aspek latar belakang di bidang politik, sedangkan keinginan
mengetahui lebih jauh mengenai rahasia alam se- mesta, keadaan geografi, dan
bangsa-bangsa yang tinggal di belahan bumi, kisah Mar- copolo (1254-1324),
dalam buku Book of Various Experience, serta teori Copernicus dan Galileo
Galilei bahwa bumi bulat faktor pendukung latarbelakang perkembangan ilmu
pengetahuan, sedangkan kepentingan untuk mendapatkan rempah-rempah
20. Jika
dibandingkan Kerajaan Spanyol dan Portugis, Belanda lebih akhir datang ke Indo-
nesia. Kondisi langsung yang menyebabkan kedatangan Belanda datang ke Indonesia
berkaitan dengan Spanyol dan Portugis adalah ...
A. Penandatanganan kesepakatan Thordesillas yang
membagi pelayaran samudera menjadi dua.
B. Penandatanganan kesepakatan Saragosa yang
menjadi landasan perjanjian antara Spanyol dan Portugal
C. Pemberlakuan pelarangan terhadap para
pedagang Belanda membeli rempah-rempah di Pelabuhan Lisabon Portugal
D. Pemberlakuanlarangan terhadap para pedagang
Belanda membeli rempah-rempah di Pelabuhan Cartagena Spanyol.
E. Terbentuknya koalisi kerajaan Spanyol dengan
Portugis melalui perkawinan anggota keluarga kerajaan
Jawaban : C
Pembahasan : Pernyataan A,B maupun E adalah penyebab
tidak langsung, sedangkan pernyataan bagian D tidak pernah ada, jadi memang
pemberlakuan pelarangan terhadap para pedagang Belanda membeli rempah-rempah di
Pelabuhan Lisabon Portugal penye- bab langsungnya.
21. Hak
VOC yang paling besar berkontribusi terhadap kebangkrutannya adalah terkait
den- gan kewenangan berikut ini:
A. Monopoli perdagangan di Afrika sampai Amerika
Selatan.
B. Merekrut dan memiliki tentara sendiri,
C. Mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri.
D. Hak mengikat perjanjian dengan penguasa
pribumi.
E. Memiliki kantor dan sistem perdagangan sendiri.
Jawaban : C
Pembahasan : Korupsi adalah penyebab keruntuhan
VOC.Dari sekian pilihan di ber- ikan yang paling berkontribusi terhadap
merajalelanya korupsi adalah terkait aspek pendapatan yang dinilai dengan uang.
22. Upaya
diplomasi kerajaan Aceh Darussalam untuk mempertahankan diri dari ancaman
Portugis antara lain:
A. Menjalin hubungan baik dengan kekaisaran Cina
B. Memperoleh bantuan berupa kapal, prajurit,
dan makanan dari beberapa pedagang muslim di Jawa.
C. Kapal-kapal dagang Aceh dilengkapi dengan
persenjataan yang cukup baik dan prajurit yang tangguh,
D. Meningkatkan kerja sama dengan Kerajaan Demak
dan Makassar.
E. Menandatangani pembelian senjata yang lebih
moderen dari Turki.
Jawaban : D
Pembahasan : Tidak pernah tercatat adanya hubungan
diplomasi Aceh dengan kekaisa- ran Cina dalam rangka melawan Portugis, demikian
juga tidak ada penandatangan pem- belian senjata dengan Turki.memeperoleh
bantuan adalah akibat upaya diplomasi, se- dangkan pilihan C lebih terkait
dalam bidang ekonomi. Jadi kerjasama dengan Demak dan Makasar lah jawaban yang
paling tepat.
23. Tindakan
pemerintah Belanda untuk meruntuhkan kewibawaan tradisional penguasa pribumi
adalah ...
A. Mengirimkan mereka ke sekolah-sekolah moderen
sekuler.
B. Menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah.
C. Mengangkat mereka menjadi tentara KNIL.
D. Menjadikan mereka pegawai perusahaan
perkebunan swasta.
E. Mengisolasi para penguasa pribumi dari
rakyatnya.
Jawaban : B
Pembahasan : Pilihan pernyataan A, C dan D adalah
tindakan pemerintah yang men- dorong kaum pribumi maju dan memiliki kedudukan
baru dalam tata kelola pemerin- tahan maupun perusahaan moderen.Pemerintah
Belanda tidak melarang tetapi menye- derhanakan upacara dan tradisi di istana
yang memakan biaya besar.Jadi tindakan menghapus kedudukan para bangsawan
secara adat dan menjadikan mereka sebagai pegawai pemerintah lah pilihan yang
paling benar.
24. Dampak
penjajahan Belanda di bidang pendidikan,adalah ...
A. Munculnya golongan golongan terpelajar
pribumi di Indonesia.
B. Membuka peluang lapangan kerja di perusahaan
Belanda dengan gaji sama.
C. Anak-anak pribumi juga sepandai anak-anak
Belanda
D. Menimbulkan gap sosial diantara para pemuda
terpelajar.
E. Penutupan sekolah-sekolah swasta oleh
pemerintah Belanda.
Jawaban : A
Pembahasan : Tenaga-tenaga kerja dengan pekerjaan yang
sama di perusahaan Belanda tetapi gajih pribumi lebih rendah, sekalipun benar
demikian tapi itu bukan tujuan utama kaum pribumi bersekolah, demikian pula
tidak ada konflik yang menonjol sekalipun kaum pribumi diperlakukan
diskriminatif.hal yang tidak sesuai fakta adalah pendirian sekolah swasta oleh
pemerintah untuk keentingan pribumi. Sekolah swasta sebagian besar didirikan
atas swadaya pribumi sendiri.
25. Perhatikan
fakta sejarah terkait Sumpah Pemuda berikut ini!
1. Rapat Pemuda di Gedung Katholieke
Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein
2. Rapat Pemuda di di Gedung Oost-Java
Bioscoop.
3. Rapat Pemuda di gedung Indonesische
Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106,
Kronologi
peristiwa Sumpah Pemuda pada tahun 1928 yang benar di tunjukan pada pilihan
berikut,
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3, dan 1
C. 3, 2, dan 1
D. 2, 1, dan 3
E. 1, 3, dan 2
Jawaban : A
Pembahasan : Kronologi sesuai fakta memang
teridentifikasi dimulai dari urutan peristiwa pada no1, diikuti peristiwa no 2
dan akhiri dengan peristiwa no 3.
26. Sifat
pendudukan pemerintah milter Jepang di Indonesia adalah ...
A. Melakukan eksploitasi budaya untuk pelemahan
persatuan bangsa.
B. Penetrasi politik diksrimintatif dengan
strategi devide at impera.
C. Melakukan tekanan kultural pada masyarakat
perkotaan.
D. Mobilisasi tenaga kerja untuk keberlangsungan
pabrik di perkebunan.
E. Strategi ekonomi berbasis eksploitasi sumber
daya alam.
Jawaban : E
Pembahasan : Pemerintah militer Jepang menghapus
pendidikan yang diskriminatif peninggalan Belanda, dan penetapan bahasa
Indonesia sebagai bahasa pengantar utama di sekolah, sementara kebijakan
politik berusaha memanfaatkan kerjasama dengan para tokok bangsa sekalipun
untuk mendukung mempertahankan kemenangan perang Asia Timur Raya, sebagaimana
tindakannya menutup perkebunan-perkebunan karena diang- gap tidak mendukung
peperangan kecuali perkebunan karet. Politik penyerahan padi yang represif dan
mobilisasi tenaga kerja romusha menjadi ciri khas perekonomian sat pendudukan
Jepang. Oleh karena itu jawaban E yang paling tepat.
27. Respons
bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang terbagi dua secara garis besar, ada
yang bekerjasama dan yang tidak mau bekerja sama. Respon tersebut ditunjukan
oleh gerakan berikut ini,
A. Kelompok Syahrir memilih bekerjasamaberjuang
mempertahankan kemenangan pasukan bawah tanah Jepang.
B. Kelompok Amir Syarifudin anti Fasis dengan
menolak sama sekali kerja sama dengan Jepang.
C. Golongan Persatuan Mahasiswa, yang terdiri
dari mahasiswa kedokteran, bekerja sama seperti halnya golongan Syahrir.
D. Kelompok Sukarni yang menjalin kerjasama
sehingga sangat besar peranannya di sekitar proklamasi kemerdekaan.
E. Golongan Kaigun, bekerjasama sebagai wujud
rasa terimakasih kepada Angkatan laut Jepang yang telah mendidiknya.
Jawaban : B
Pembahasan : Fakta sejarahnya adalah kelompok Syahrir,
adalah pendukung demokrasi Parlementer model Eropa barat dan menentang Jepang
karena merupakan negara Fasis. Mereka berjuang dengan cara sembunyi-sembunyi
atau dengan strategi gerakan “bawah tanah”. Sementara golongan Persatuan
Mahasiswa, pengikutnya antara lain: J. Kunto, Supeno, Subandrio. Kelompok ini
juga anti Jepang dan bekerja sama dengan golongan Syahrir. Sedangkan kelompok
Sukarni berada di kelompok yang tidak mau kerjasanma. Dan terakhir golongan
Kaigun pun menggambil sikap tidak bekerjasama.Anggotanya bekerja pada Angkatan
laut Jepang.Akan tetapi secara terus-menerus menggalang dan membina
kemerdekaan.Mereka memiliki hubungan dekat dengan tokoh-tokoh Angka- tan laut
Jepang yang simpati terhadap kemerdekaan Indonesia.Termasuk dalam kelom- pok
ini adalah; Mr. Akhmad Subardjo, Mr. Maramis, Dr. Samsi, Dr. Buntaran Martoat-
modjo.Kelompok Kaigun ini mendirikan asrama Indonesia Merdeka. Ketuanya Wikana,
sedangkan. Pemaparan terkait kelompok Amir Syarifudin tepat sekali sesuai
dengan faktanya.. Ia sangat keras dalam mengkritik Jepang sehingga ia ditangkap
pada tahun 1943 dan dijatuhi hukuman mati tahun 1944. Atas bantuan Sukarno,
hukumannya diu- bah menjadi hukuman seumur hidup. Setelah Jepang menyerak dan
Indonesia merdeka tahun 1945, ia bebas dari hukuman.Jadi jawaban B yang benar.
28. Tokoh
ini menjadi wakil Golongan Tua dalam berunding dengan Gologan Muda pada
peristiwa Rengasdengklok. Berkat kepiawaiannya bernegosiasi akhirnya Sukarno
dan Hatta dilepaskan oleh para pemuda. Tokoh yang dimaksud ialah ...
A. Wikana.
B. Syahrir.
C. Mr. Akhmad Subardjo.
D. Mr Iwa Kusuma Soemantri
E. Dr. Buntaran Martoatmodjo
Jawaban : C
Pembahasan : Saat itu, di Jakarta sedang terjadi
perundingan antara Ahmad Subardjo (mewakili golongan tua) dengan Wikana
(mewakili golongan muda).Dari perundingan itu tercapai kata sepakat bahwa
Proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan di Jakarta.
29. Perhatikan
dengan seksama fakta-fakta peristiwa tersebut!
1. Pembentukan PPKI sebagai pelaksana
kepututsan Pemerintah Kemaharajaan Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada
bangsa Indonesia.
2. Peresmian BPUPKI (Dokuritsu Junbi
Cosakai)dengan mengambil tempat di Gedung Cuo Sangi In di Jakarta.
3. Penculikan Sukarno-Hatta oleh para Pemuda ke
Rengasdengklok, Karawang,karena perbedaan sikap terkait proklamasi di Jakarta.
4. Di Jakarta telah terjadi kesepakatan antara
golongan tua, dengan golongan muda terkait proklamasi di Jakarta.
Kronologi peristiwa yang benar terkait proses lahirnya
Proklamasi Kemerdekaan Indo- nesia ditunjukan pada pilihan berikut,
A. 1, 2, 3, dan 4
B. 2, 1, 3, dan 4
C. 3, 1, 2, dan 4
D. 4, 1, 2, dan 4
Jawaban : B
Pembahasan : BPUPKI dibentuk lebih dahulu daripada
PPKI.Sedangkan kesepakatan diperoleh setelah penculikan Sukarno-Hatta dapat
diatasi terlebih dahulu.
30. Makna
proklamasi kemerdekaan adalah bebasnya bangsa Indonesia dari belenggu penja-
jahan dan bersyukur merdeka menentukan nasib dan pilihan cara dalam upaya
mening- katkan keadilan sosial dan kesejahteraan bagi seluruh bangsa
Indonesia.Ungkapan terse- but lebih merupakan makna proklamasi kemerdekaan
bangsa Indonesia dari perspektif ...
A. Politik
B. Ekonomi
C. Budaya
D. Pendidikan
E. Religi
Jawaban : B
Pembahasan : Esensi dari ungkapan di atas adalah
menentukan nasib sendiri dan
meningkatkan kesejahteraan yang berkeadilan. Jadi kuat dengan perfektif
ekonomi.
31. Salah
satu hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945, adalah ...
A. Menetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD
Negara Republik Indonesia, dari rancangan preambule hukum dasar (piagam
Jakarta) tanpa perubahan.
B. Menetapkan dan mengesahkan UUD Negara
Republik Indonesia, dari rancangan hukum dasar tanpa perubahan.
C. Memilih dan menetapkan Presiden dan Wakil Presiden
Republik Indonesia, ialah Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta
sebagai wakil presiden.
D. Menetapkan ssecara otomatis bahwa anggota
Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) seluruhnya adalah anggota PPKI.
E. Menetapkan dan mengesahkan GBHN sebagai
pedaman pelaksanaan pembangunan bangsa Indonesia.
Jawaban : C
Pembahasan : Pembentukan alat perlengkapan negarayang
diputuskan pada sidang PPKI 18 Agustus 1945 meliputi penetapkan dan mengesahkan
pembukaan UUD Negara Republik Indonesia, dari rancangan preambule hukum dasar
(piagam Jakarta) dengan perubahan, penetapkan dan mengesahkan UUD Negara
Republik Indonesia, dari ran- cangan hukum dasar dengan beberapa perubahan,
pemilihan dan penetapan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, ialah
Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai wakil presiden,
penetapan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dengan menambah beberapa orang
terhadap anggota PPKI, dan juga menetapkan dan mengesahkan Pancasila sebagai
Dasar Negara.
32. Perbedaan
pandangan Sukarno-Hatta dengan para pemuda terus berlanjut hingga terjadi
peristiwa Rengasdengklok. Peristiwa tersebut memberikan gambaran dinamika
sosio-psikologis politik berikut ini,
A. Sikap pemerintah Jepang yang menutup-nutupi
kekalahannya.
B. Konflik internal diantara anggota PPKI dengan
BP KNIP
C. Mensikapi situasi akibat kekalahan Jepang
dari Sekutu.
D. Perbedaan memaknai proklamasi kemerdekaan.
E. Jarak usia yang jauh menyebabkan tingkat
emosi yang berbeda.
Jawaban : C
Pembahasan : Perbedaan cara mensikapi situasi akibat
kekalahan Jepang dari Sekutu golongan tua terbaca kesan terlalu lamban dan
banyak pertimbangan, sementara golongan muda bersikap ingin gerak cepat sesuai
dengan watak pemuda yang energik. Indikator: menganalisis strategi dan taktik
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman
Sekutu dan Belanda
33. Konperensi
Meja Bundar adalah puncak perjuangan diplomasi bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kemerdekaan. Hasil yang diperoleh dari perundingan tersebut
antara lain adalah ...
A. Pembentukan Negara Indonesia Serikat di
Belanda
B. Pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh
Belanda.
C. Pemberhentian agresi militer Belanda
D. Perlucutan senjata tentara NICA
E. Pembubaran Republik Maluku Selatan
Jawaban : B
Pembahasan : Inti KMB memang terkait pengakuan
kedaultan NKRI, sementara pili- han lain adalah keputusan perundingan
sebelumnya. Sementara hal pembubaran RMS tidak pernah ada kesepakatan dengan
Belanda hingga hari ini.
34. Peristiwa
heroik mempertahankan kemerdekaan dengan mengangkat senjata, yang menjadi dasar
penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan, adalah ...
A. Medan Area
B. Bandung Lautan Api
C. Pertempuran Surabaya
D. Pertempuran Aceh
E. Pertempuran Ambarawa
Jawaban : C
Pembahasan : Pertempuran Surabaya dengan tokoh heroik
religius Bung Tomo.
35. Peristiwa
perjuangan bangsa Indonesia melalui perang melawan Belanda, yang menjadi
perhatian dunia internasional termasuk PBB, bahkan mampu mengubah sikap Negara
super power Amerika Serikat telah menjadi bukti perjuangan militer dan
diplomasi bangsa Indonesia efektif berhasil. Peristiwa yang dimaksud adalah ...
A. Peristiwa Bandung lautan Api
B. Agresi Militer Belanda I
C. Agresi Militer Belanda II
D. Pertempuran Puputan Bali
E. Pertempuran Lima Hari Semarang
Jawaban : C
Pembahasan : Amerika Serikat sejak Indonesia
memproklamasikan kemerdekaannya selalu mendukung Belanda untuk kembali
menduduki Indonesia, tetapi setelah Agresi Militer Belanda II berbalik
mendukung bangsa Indonesia. Bahkan PBB. Dewan Kea- manan PBB segera bersidang
pada 24 Januari 1949 sebagai reaksi terhadap Agresi Mi- liter Belanda II
sekaligus tanggapan terhadap desakan negara-negara Asia dan Afrika dalam
pertemuan di New Delhi (India). Pada 28 Januari 1949 Dewan Keamanan PBB
mengeluarkan beberapa resolusi
36. Pemberontakan
Soumokil (RMS), Andi Azis (PPRI/Permesta), Westerling (APRA) memiliki kesamaan
tujuan yaitu ...
A. Menuntut anggaran lebih besar kepada
pemerintah pusat, karena selama ini daerah- daerah tidak mendapat yang layak
B. Menunjukan ketidak puasan terhadap proses
kembalinya RIS ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
C. Menolak hasil pemilihan Sukarno sebagai
Presiden dan Moh Hatta sebagai Wakil Presiden.
D. Menolak keberadaan TNI yang lemah dalam
menghadapi pasukan Belanda.
E. Memproklamasikan berdirinya Negara baru dan
melepaskan diri dari NKRI
Jawaban : B
Pembahasan : Pernyataan selain B tidak ada dan tidak
tercatat sebagai suatu kebenaran dalam sejarah sebagai kesamaan tujuan.Ketiga pemberontakan
tersebut memiliki karakteristik masing- masing kecuali yang diungkapkan pada
pilihan jawaban B.
37. Puncak
dari upaya yang dilakukan oleh PKI merongrong kedaulatan Negara dan bangsa
Indonesia adalah melakukan pemberontakan Senjata pada 18 September 1948 di Kota
Madiun, dan secara politik ...
A. Menyatakan perang dan anti Amerika Serikat.
B. Memproklamirkan Republik Soviet Indonesia
C. Menolak hasil Konferensi Meja Bundar
D. Membunuh pihak-pihak yang anti komunis
E. Menyatakan kerjasama dalam komunis
internasional
Jawaban : B
Pembahasan : Pernyataan selain B meragukan atau bahkan
salah dan anakronis, karena tidak pernah secara terang-terangan menyatakan
sikap politiknya.KMB sendiri dilaksanakan setelah pemberontakan PKI tersebut.
38. Salah
satu upaya pemerintah Indonesia dalam menghadapi ancaman disintergrasi bang- sa
akibat pemberontakan RMS antara lain, adalah ...
A. Mengirimkan misi perdamaian setelah dilakukan
operasi GOM III
B. Melaksanakan operasi militer GOM III setelah
misi perdamaian gagal
C. Angkatan Udara Republik Indonesia memulai
pengeboman.
D. Mengalokasikan anggaran daerah sesuai
tuntutan RMS
E. Penumpasan Dewan Banteng sebagai sayap
militer RMS
Jawaban : A
Pembahasan : Hanya pilihan jawaban A yang
menggambarkan kebenaran fakta sejarah terkait upaya penumpasan pemeberontakan
RMS.
39. Pernyataan
benar terkait peran tokoh Agus Salim dalam perjuangan diplomasi memper-
tahankan kedaulatan Negara Republik Indonesia adalah ...
A. Sebagai menteri luar negeri pertama Republik
Indonesia.
B. Ketua delegasi Indonesia dalam perundingan
KMB.
C. Penasehat Mr Akhmad Subardjo sebagai Menlu
Pertama RI.
D. Menjadi menteri luar negeri pada masaKabinet
Djuanda
E. Menjadi menteri luar negeri pada masa
demokrasi terpimpin.
Jawaban : C
Pembahasan : Fakta yang benar adalah Agus Salim pernah
menjadi penasehat Menlu RI pertama Mr. Akhmad Subardjo.
40. Situasi
pada masa demokrasi liberal diwarnai dengan banyaknya pergolakan berupa
pemberontakan di daerah. Salah satu yang menjadi latar belakang berbagai pemberontakan
tersebut yaitu ...
A. Keinginan untuk menjadikan Indonesia
berbentuk negara federal
B. Kegagalan pemerintah mempertahankan negara
kesatuan
C. Pasukan pemerintah Hindia Belanda tidak mampu
mengamankan wilayah
D. Negara yang terbentuk belum mampu membangun
militer yang tangguh
E. Luasnya wilayah negara kesatuan republik
Indonesia
Jawaban : A
Pembahasan : Salah faktor yang menyebabkan munculnya
pergolakan di daerah yaitu upaya beberapa kelompok yang tidak setuju dengan
bentuk negara kesatuan. Di samping faktor lain seperti ketidakpuasan daerah
terhadap pemerintah pusat dan perbedaan ideologi
41. Tujuan
mengubah struktur ekonomi nasional di bidang perdagangan pasca kemerdekaan
dapat berhasil jika ...
A. Pemerintah membatasi impor barang jadi
B. Pemerintah menggalakkan ekspor barang jadi
C. Di Indonesia tumbuh kelas pengusaha
D. Pemerintah memberdayakan ekonomi kerakyatan
E. Adanya persaingan antara pengusaha pribumi
dan nonpribumi
Jawaban : C
Pembahasan : Ekonomi dapat tumbuh jika banyak kelompok
pengusaha dan wiraswas- ta. Maka program-program ekonomi diarahkan untuk
menumbuhkan kelas pengusaha nasional
42. Tujuan
dilaksanakannya sistem ekonomi Gerakan Benteng yakni ...
A. Memberikan bantuan kredit kepada pengusaha
pribumi agar dapat bersaing
B. Menghindarkan persaingan antara pengusaha
pribumi dan pengusaha nonpribumi
C. Membatasi masuknya pengusaha swasta asing ke
Indonesia
D. Meningkatkan nilai ekspor yang menghasilkan
devisa negara
E. Mengembangkan peranan orang Indonesia dalam
sektor ekonomi
Jawaban : E
Pembahasan : Sistem ekonomi Gerakan Benteng merupakan
kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk membentuk kelas pengusaha “pribumi”.
43. Berikut
ini yang bukan mendasari dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu ...
A. Secara aklamasi dalam sidang Konstituante
menghendaki kembali ke UUD 1945
B. Konstituante gagal untuk menjalankan tugasnya
yakni merumuskan UUD baru
C. Konstituante tidak mampu untuk memutuskan
kembali ke UUD 1945
D. Setiap persidangan Dewan Konstituante selalu
diwarnai pertentangan antarpartai politik
E. Konstituante mengadakan reses dengan batas
waktu yang tidak ditentukan
Jawaban : A
Pembahasan : Beberapa hal yang yang melatarbelakangi
yakni banyak sidang yang tidak dihadiri oleh anggotanya, konstituante tidak
mungkin lagi menyelesaikan tugasnya dan kondisi yang demikian akan membahayakan
kondisi persatuan dan kesatuan bangsa.
44. Alasan
pokok Presiden Soekarno mengajukan konsepsi sistem pemerintahan baru dengan
nama Demokrasi Terpimpin, adalah ...
A. Munculnya berbagai gangguan keamanan dalam
negeri dalam berbagai bentuk pemberontakan daerah
B. Banyak pihak ingin mengubah bentuk
pemerintahan Indonesia menjadi pemerintahan federal
C. Sukarno berambisi ingin memusatkan kekuasaan
di bawah kendalinya
D. Kegagalan badan konstituante dalam
menjalankan tugas konstitusi
E. Usaha pemerintah dalam penyelamatan negara
Jawaban : E
Pembahasan : Alasan pokok Presiden Soekarno mengajukan
konsepsi sistem pemerintah- an baru dengan nama Demokrasi Terpimpin, adalah
dalam rangka penyelamatan negara
45. Tujuan
utama diberlakukannya sistem ekonomi Ali-Baba adalah ...
A. Memajukan ekspor agar pendapatan pemerintah
meningkat
B. Memajukan pengusaha nonpribumi
C. Menekan sedikit mengkir impor
D. Memajukan pengusaha pribumi
E. Meningkatkan kerja sama antara pengusaha
pribumi
Jawaban : D
Pembahasan : Sistem ekonomi ini bertujuan untuk
membangkitkan wiraswasta lokal Indonesia
46. Semangat
yang menjiwai kelahiran orde baru pada awalnya adalah ...
A. Menggalakan pembangunan nasional yang menguntungkan
konglomerat
B. Menghasilkan undang-undang yang membatasi
gerak partai politik
C. Melanggengkan kekuasaan Soeharto sebagai
Presiden RI
D. Anti korupsi, kolusi dan nepotisme
E. Koreksi menyeluruh terhadap berbagai
penyimpangan orde lama
Jawaban : E
Pembahasan : Istilah Orde Baru digunakan untuk
membedakan orde sebelumnya. Orde Baru memiliki tekad untuk mempebaiki kekacauan
yang terjadi pada orde sebelumnya yang dinilai banyak melakukan penyimpangan
terhadap Pancasila dan UUD 1945
47. Terjadinya
peristiwa Malari pada 14-17 Januari 1974, terutama dilatarbelakangi oleh
A. Adanya gejala dominasi ekonomi Jepang di
Indonesia
B. Dominasi ekonomi warga Negara keturunan
Tionghoa di Indonesia
C. Pembentukan dwi fungsi ABRI yang mendominasi
pemerintahan
D. Penolakan terhadap produk produk dari Jepang
E. Keinginan untuk membentuk pemerintahan baru
yang lebih demokratis
Jawaban : A
Pembahasan : Terjadinya peristiwa Malari 14-17 Januari
1974, terutama dilatarbe- lakangi oleh adanya gejala dominasi ekonomi Jepang di
Indonesia
48. Kebijakan
pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi yang dinilai tidak sesuai den- gan
kondisi riil masyarakat Indonesia adalah ...
A. Pemerintah Orde Baru mengembangkan ekonomi
kapitalis
B. Pemerintah Orde baru mengembangkan ekonomi
neo liberalis
C. Pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara
Republik Indonesia sebagai negara industri
D. Pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara
Republik Indonesia sebagai negara agraris
E. Pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara
Republik Indonesia sebagai negara Maritim
Jawaban : C
Pembahasan : Kebijakan pemerintah Orde Baru dalam
bidang ekonomi yang dinilai tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat
Indonesia adalah. pemerintah Orde Baru ingin menjadikan negara Republik
Indonesia sebagai negara industri, padahal kondisi masyarakat Indonesia secara
umum adalah petani / masyarakat agraris, mestinya yang dikembangkan adalah
pertanian
49. Krisis
multidimensional yang dialami bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan
masyarakat Indonesia terhadap kepemimpinan presiden Suharto, sehingga muncul
demonstrasi di mana mana. Demontrasi ini menjadi semakin gencar setelah;
A. Soeharto terpilih lagi sebagai Presiden
B. Pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM
C. Pemerintah gagal meredam gejolak demonstran
D. Aksi damai mahasiswa yang terjadi di mana
mana tidak ditanggapi pemerintah
E. Pemerintah menolak tuntutan para demonstran
Jawaban : B
Pembahasan : Krisis multidimensional yang dialami
bangsa Indonesia telah menguran- gi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap
kepemimpinan presiden Suharto, sehing- ga muncul demonstrasi di mana mana.
Demontrasi ini menjadi semakin gencar setelah; pemerintah mengumumkan kenaikan
harga BBM dan ongkos angkot.
50. Salah
satu hasil Sidang istimewa MPR pada 10-13 November 1998, adalah Tap MPRS No.
XVIII yang berisikan tentang ...
A. Amandemen UUD 1945
B. Pembentukan partai politik
C. Penghapusan dwi fungsi ABRI
D. Pembatasan masa jabatan presiden dan wakil
presiden hanya 2 periode
E. Pancasila yang tidak lagi dijadikan asas
tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Jawaban : E
Pembahasan : Salah satu hasil Sidang istimewa MPR pada
10-13 November 1998, adalah Tap MPRS No. XVIII yang berisikan tentang Pancasila
yang tidak lagi dijadikan asas tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
51. Aksi-aksi
demonstrasi kebanyakan dimotori oleh mahasiswa karena mereka ....
A. Lebih pandai dalam menggerakkan massa
B. Memiliki sikap kritis dan peduli terhadap
kondisi bangsa
C. Jumlahnya banyak terdiri dari mahasiswa di
berbagai daerah
D. Selalu memiliki pemikiran yang selalu benar
dan tepat
E. Masih bersemangat berkumpul dan melakukan
demonstrasi
Jawaban : B
Pembahasan : Mahasiswa memang harus kritis. Kritis dan
peduli terhadap kondisi bangsanya. Inilah yang kemudian melahirkan adagium
“pemuda adalah tulang pung- gung bangsa”.
52. Perbaikan
dalam bidang politik, antara lain dengan dikeluarkannya UU No. 2 Tahun 1999
tentang ...
A. Partai politik
B. Pemilihan umum
C. Susduk DPR/MPR
D. Pemerintahan yang bebas KKN
E. Dwifungsi ABRI
Jawaban : A
Pembahasan : UU tersebut merupakan UU yang mengatur
kehidupan politik pada masa reformasi. UU berisi tentang ketentuan umum, syarat
pembentukkan Parpol, tujuan, fungsi, hak, dan kewajiban, keanggotaan dan
kepengurusan, keuangan, pengawasan dan sanksi.
53. Perhatikan
data berikut!
1. Ikut serta menjadi anggota PBB
2. Menjadi pemrakarsa Gerakan Non Blok
3. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KAA
4. Membantu korban kemanusiaan di Rohingya
5. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC
Berdasarkan data data di atas yang merupakan peran
aktif Indonesia dalam meredakan Perang Dingin adalah ...
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
Jawaban : A
Pembahasan : Peran aktif Indonesia dalam meredakan
Perang Dingin yakni menjadi anggota PBB, pemrakarsa Gerakan Non-Blok,
menyelenggarakan KAA
54. Pasukan
Garuda adalah pasukan Tentara Nasional Indonesia yang ditugaskan sebagai
pasukan perdamaian di negara lain. Indonesia mulai turut serta mengirim
pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB sejak 1957 hingga
sekarang. Bagi bangsa Indonesia pengiriman Misi Garuda tersebut untuk memenuhi
permintaan PBB dan memiliki alasan yang kuat yaitu memenuhi tuntutan alinea
keempat Pembukaan UUD 1945. Hal ini menunjukkan bahwa ...
A. Indonesia dapat menjaga keamanan dunia
B. Pasukan TNI sejajar dengan pasukan dunia
C. Indonesia turut menjaga hubungan antar
berbagai negara
D. Indonesia ingin memperlihatkan kekuatan dan
kepiawaian TNI
E. Indonesia berkewajiban ikut menciptakan
perdamaian dan ketertiban dunia
Jawaban : E
Pembahasan : Pengiriman Pasukan Garuda ke berbagai
wilayah konflik adalah sesuai dengan salah satu tujuan bangsa Indonesia yaitu
ikut menjaga perdamaian dan keterti- ban dunia yang termaktub dalam alinea ke-4
Pembukaan UUD 1945.
55. ASEAN
adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, sebuah organisasi yang
didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.. Peran Indonesia
dalam ASEAN pasca reformasi di bidang politik adalah ...
A. Memacu percepatan pertumbuhan ekonomi,
kemajuan sosial, budaya, perdamaian dan
stabilitas regional
B. Mendirikan tiga “pilar” tata kelola Keamanan
ASEAN, Komunitas Ekonomi ASEAN, dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN.
C. Berada di garda terdepan dalam penghormatan
serta penegakan hak-hak asasi manusia (HAM).
D. Melakukan ekonomi pasar dengan meluncurkan
daerah sebagai basis produksi pasar tunggal, sehingga terbentuk ASEAN Free
Trade (AFTA).
E. Memberikan bantuan dalam bentuk
sarana-sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang-bidang pendidikan, profesi,
teknik dan administrasi
Jawaban : B
Pembahasan : Jawaban selain B merupakan peran
Indonesia dalam bidang ekonomi, pendidikan dan sosial
56. OKI
(Organization of Islamic Confrence) merupakan Organisasi Konferensi Islam yang
tujuannya antara lain memajukan solidaritas Islam di antara anggota-anggotanya.
Con- toh peran Indonesia yang paling menonjol dalam OKI adalah ...
A. Mengkonsolidasikan kerja sama di antara
negara-negara anggota OKI
B. Berupaya menghapus adanya pemisahan rasial
dan diskriminasi
C. Menfasilitasi perundingan damai MNLF dengan
pemerintah Filipina
D. Menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri
anggota OKI
E. Membawa masalah utama penyelesaian Palestina
dalam dunia Islam
Jawaban : C
Pembahasan : Beberapa peran aktif Indonesia di OKI
yang menonjol adalah ketika pada tahun 1993 Indonesia menerima mandat sebagai
ketua Committee of Six, yang ber- tugas memfasilitasi perundingan damai antara
Moro National Liberation Front (MNLF) dengan pemerintah Filipina. Kemudian pada
tahun 1996, Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Menteri (KTM-OKI)
ke-24 di Jakarta.
57. Salah
satu dampak penerapan IPTEK dalam bidang teknologi komunikasi adalah ...
A. Meningkatnya kesejahteraan di negara-negara
berkembang
B. Efisiensi jarak waktu tempuh dari satu tempat
ke tempat lain
C. Informasi diseluruh belahan dunia bisa
diterima dengan cepat
D. Meningkatnya kesadaran untuk memiliki
pendidikan yang tinggi
E. Peningkatan produksi pertanian dengan
bantuan alat-alat modern
Jawaban : C
Pembahasan : Penggunaan IPTEK dalam komunikasi tentu
bertujuan untuk membuat komunikasi menjadi lebih mudah, bahkan menjadikan dunia
seperti tanpa batas. Akibat- nya informasi dapat dengan cepat diterima di
berbagai negara.
58. Pada
masa orde baru dikembangkan suatu sistem komunikasi yang sangat penting un- tuk
mempermudah komunikasi antar daerah dan berbasis teknologi luar angkasa yakni
satelit ...
A. Apollo 11
B. Palapa A1
C. Explorer 1
D. Palapa A2
E. Sputnik II
Jawaban : B
Pembahasan : Satelit yang diluncurkan berbasis
teknologi luar angkasa di Indonesia yaitu Satelit Palapa A1. Satelit Palapa A2
tidak ada. Apollo dan Explorer buatan Ame- rika Serikat.
59. Penerapan
teknologi Trans Jakarta (Busway) yang dikembangkan di Jakarta memiliki fungsi
sebagai ...
A. Gaya hidup warga Jakarta dalam mobilitas
kegiatannya sehari-hari
B. Percontohan bagi penerapan teknologi
transportasi bagi daerah lain
C. Solusi transportasi massal yang efesien dalam
waktu dan jarak tempuh
D. Penggunaan teknologi transportasi yang bagus
karena buatan luar negeri
E. Bentuk kerjasama transportasi antara pihak
pemerintah dengan pihak swasta
Jawaban : C
Pembahasan : Transjakarta dirancang sebagai moda
transportasi massal pendukung ak- tivitas ibu kota yang sangat padat.